5 Objek Wisata Bahari di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, baik berpenghuni maupun tidak. Tidak mengherankan, Indonesia memiliki potensi alam yang sangat luar biasa terutama di bidang bahari. Keindahan dan keelokan pulau, pantai, ekosistem, dan biota lautnya telah terkenal di seluruh penjuru dunia. Ribuan turis mancanegara memesan paket wisata easybook berbondong-bondong ke Indonesia setiap tahunnya untuk menikmati keindahan alam, kelestarian adat, dan berbagai aktivitas rekreasi. Di antara puluhan hingga ratusan objek wisata bahari di Indonesia, berikut adalah lima di antaranya yang memiliki popularitas yang mencengangkan di mata dunia.

#1. Kepulauan Padaido, Papua

PantaiPadaido
Kepulauan Padaido terletak di Papua, tepatnya Kabupaten Biak. Kepulauan ini dikelilingi oleh 29 pulau kecil dan lima karang yang terbentang di laut dalamnya. Konservasi Keanekaragaman Hayati Network (BCN) melaporkan bahwa keanekaragaman terumbu karang di kepulauan Padaido adalah yang terbesar di dunia, yaitu mencapai 9.252,1 hektare dan 328,2 hektare untuk terumbu karang dalam. Terdapat sekitar 95 spesies karang, 155 spesies ikan, dan sejumlah besar jenis hiu karang, gurita, dan properti bahari lainnya. Pulau yang paling sering dikunjungi di kepulauan ini adalah Pulau Ureb dan Pulau Mansurbabo dimana pasir putih lembut dan air laut sejenih kristal tampak sangat memukau dibawah langit biru. Di bawah laut kepulauan ini juga terdapat goad an terowongan bawah laut yang cocok untuk eksplorasi atau sekedar wisata petualangan.

#2. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi
Nama Wakatobi sudah sejak lama dikenal oleh penyelam professional dunia dan baru beberapa tahun terakhir diekspos untuk kalangan umum. Kepulauan ini adalah tujuan ideal untuk wisata selam dan cruise regional ataupun internasional. Selain itu, kekayaan alam baharinya telah memikat banyak wisatawan untuk mengunjunginya meskipun dengan transportasi dan akomodasi yang lumayan besar. Wakatobi sangat kaya akan keanekaragaman karang langkah dan biota laut yang terbesar di Indonesia. Taman Nasional Wakatobi memiliki luas sekitar 1,39 juta hektar. Ada banyak spesies menarik untuk ditemui di kepulauan ini, di antaranya adalah ikan pari manta, penyu lekang, penyu sisik, penyu tempayan, dan ikan paus sperma. Tidak hanya itu, hutan mangrove juga terdapat di pinggiran pantai pulau-pulau Wakatobi dan menjadi sarang berbagai jenis burung laut.

#3. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Derawan
Kepulauan Derawan disebut-sebut menyajikan sejuta pesona keindahan alam bagi siapa saja yang mengunjunginya. Pemerintahan lokal mengembangkan pariwisata setempat dengan konservasi habitat penyu sebagai wisata dan program wisata budaya di Pulau Sangalaki dan Kakaban. Setiap pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih lembut dengan gradasi cantik permukaan laut yang bening kebiruan. Keindahan bawah laut kepulauan ini juga sangat luar biasa, membuatnya objek wisata nomer 3 sebagai tempat diving terindah di dunia setelah Raja Ampat, Papua. Kepulauan ini juga memiliki danau bernama Kakaban yang cocok untuk snorkeling dan hunting beragam jenis ubur-ubur seperti moon jelly dan sting-less jelly fish. Anda juga dapat menemukan ikan pari raksasa manta Ray di danau yang sama. Dan, di senja hari, Anda akan dihibur dengan sunset yang sangat memukau.

#4. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Selayar
Kepulauan yang terdapat di bagian utara Sulawesi ini memiliki keindahan laut dan bawah laut yang luar biasa indah. Sebut saja salah satunya Taman Nasional Bunaken yang terkenal. Pemerintah setempat mengembangkan pariwisata bahari lokal dengan pengadaan wisata cruise traditional, regional, dan internasional. Pantai-pantai pasir putihnya yang sangat banyak seperti Pantai Tanaera, Pamatata, Lansangireng, Pabadilang, Taloiya, Rampang-Rampangan dan Labuang Nipaiya juga memiliki keunikan tersendiri berupa barisan karang tepi (fringing reef) sejauh ratusan meter. Selain Taman Nasional Bunaken, masih ada lagi satu taman nasional terkenal lainnya yaitu Takabonerate. Taman nasional ini memiliki karang atol terbesar di asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia, dengan luas 220.000 hektar. Tempat ini dihuni oleh beragam ikan, penyu, siput laut, dan karang, sangat cocok untuk snorkeling atau diving.

#5. Kepulauan Mentawai, Sumatra Utara

Mentawai
Kepulauan Mentawai adalah salah satu kepulauan Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Dan, reputasi kepulauan ini bahkan semakin terdongkrak dengan fakta bahwa Paul Walker, salah satu bintang utama di film populer Fast & Furious, yang kini telah menjadi almarhum menjadikan tempat ini sebagai tujuan utama liburannya. Mentawai adalah tempat yang ideal untuk aktivitas selancar karena ombaknya yang indah dan merupakan tertinggi di dunia dengan kisaran 3 sampai 4 meter. Di musim kemarau, Maret hingga Oktober, banyak peselancar professional dunia berkunjung ke kepulauan ini. Kepulauan ini juga memiliki 16 spesies endemik yang hampir punah, salah satunya monyet Simakobu atau monyet ekor babi. Hal lain yang sangat menarik dari Mentawai adalah kepercayaan masyarakat lokal pada kekuatan alam, yang merupakan warisan era neolitik. Mereka percaya alam adalah pusat kehidupan.

Itulah 5 objek wisata bahari terpopuler di Indonesia. Kelimanya membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk berkunjung namun sangat layak untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

 

Image source:

www.enjoyourholiday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *